Saturday, June 21, 2014

The Consignment (part 2)...!!!

Nah kalo sebelomnya aku cerita masalah awal-awalnya mau berkonsinyasi, sekarang mo cerita tentang pelajaran yang didapat setelah beberapa kali bekerja sama dengan beberapa pihak :) Ada beberapa poin ternyata yang aku dapat, tapi ini dalam situasiku ya, juga situasi hati aku, kan keadaan dan isi hati orang beda-beda, hehe ;p


- Tujuan Berkonsinyasi !

Setelah jalan beberapa tahun, ternyata Cemprut mendapat 'alur' yang paling pas dihati buat berjualan. Berjualan secara on line dirasa lebih menguntungkan buat aku, dari sisi cara (Lahiran), waktu, tempat dan resiko ini-itu selama lebih dari setahun dengan sistem Lahiran lah yang paling pas proses perputaran uangnya :)

Sedang barang yang dititip jualkan ternyata penjualannya nggak secepat berjualan sendiri di on line. Tapi tetap aku meneruskan untuk menitip jualkan goodies Cemprut dibeberapa tempat namun tujuannya makin dipersempit, hanya menjadi salah satu ajang iklan atau promo :)

Istilahnya kayak pasang banner kecil ditoko, memajang karya dan nama kita untuk memperluas jaringan. Karena tiap toko punya pasar sendiri yang kadang diluar jaringan pertemanan kita loh :) Dari situ akan ada kemungkinan mereka akan menghubungi kita secara pribadi diluar dia membeli karya kita dari toko tersebut :)

Tapi ada juga teman yang karyanya malah lebih laris dititip jualkan disuatu toko dari pada berjualan on line atau bazaar loh. Jadi cobalah kalian banyak mencoba banyak cara buat memasarkan karya kalian, waktu dan pengalaman akan menjawab mana cara yang paling kece buat berjualan, ya kan :)

- Dana Iklan !

Karena barang titip jualku menjadi barang iklan, yang artinya lebih makan waktu buat dipajangnya daripada dibelinya, hihi, jadi harus ditindak lanjuti lebih lanjut. Aku pakai dana iklan buat modal bikin karya yang dititip jualkan. Nah, sebelum menentukan harga adopsi tiap karya aku punya price list yg berderet panjang, salah satunya adalah dana iklan yg udah disisipin ditiap satu karya. Dana itu nanti yg dianggap 'hilang' digunakan buat promo atau iklan. Jadi karya Cemprut yang dititip jualkan bisa dibilang pakai dana aman, karena kalaupun kena resiko tidak laku, rusak atau kotor, aku tidak mengharapkan keuntungan yang didapat dari titip jual. Tapi kalau laku ya sungguh senang Alhamdulillah, masuk kekategori bonus kan, hihi ;)

- Simbiosis Mutualisme !

Sebenarnya bukan kita aja yang butuh tempat buat menjual karya kita, toko atau gallery pun sebenernya juga sama-sama membutuhkan karya kita buat mengisi toko mereka, bukan hanya sekedar mengisi ruangan mereka tapi juga memutar bisnis mereka biar jalan :) Jadi sama-sama butuh kan sebenernya ;)

Pernyataan sederhana itu yang seringnya ngebantu nge build up kepercayaan diri aku buat majang karya aku disuatu tempat. Karena seringnya merasa karya aku nggak seberapa dibanding yang udah dipajang disana, hehe ;p Ya itu, karena aku pribadi berkonsinyasi bukan hanya sekedar masalah perputaran uang, tapi juga pengakuan (bukan gengsi) karya, menempatkan karya kita naik satu langkah disandingkan dengan karya lain yang lebih cihuy ;)

Jangan lupa juga buat sama-sama membantu, apalagi buat tempat baru, jadi sama-sama menyebar info tentang keberadaan karya kamu ditempat itu. Kamu juga bisa mengadakan meet up atau workshop ditempat itu. Kalau sama-sama mempromosikan jadi ada subsidi silang teman atau kawan dari kamu dan dari mereka ;)

Karenanya juga aku harus bertanggung jawab melakukan kesepakatan diperjanjian sebelumnya, berusaha sebaik mungkin nggak mengecewakan pihak tempat ku bekerja sama. Aku terpaksa harus memutuskan beberapa kerja sama titip jual karena memang merasa kurang nyaman dengan ketatnya peraturan, jadi daripada merugikan mereka dan juga perasaan aku jadi disudahi saja ;) Tapi kalo nggak nyobain kan aku juga nggak punya pengalaman juga kan ;)


Jadi buat kalian yang merasa kalian masih usaha kecil, yang kecil itu sebenarnya kelingking kamu, karya kamu itu lebih besar dari apa yang kamu pikirkan loh ;) Kalo dapet tawaran coba ambil kesempatannya, kalo blom pernah berada disituasinya coba belajar dari sana, lihat sekitar, beradaptasi, rasakan hati kamu nyaman nggak disana, kalo nggak paksakan sedikit buat nyaman, haha, coba untuk ambil kesempatan dan belajar dari situ, kalo oke diteruskan dan dikembangkan, kalo nggak oke jadikan pelajaran ;) Dan rumus itu berhasil diaku buat segala situasi loh ;)

Karena pengalamannya baru seuprit, ya cuman itu yang baru bisa dibagi, malah kebanyakan sesi curhatnya ya, hihi ;p Selamat berkarya teman :)

Craft On...!!!

Dita

4 comments:

dweedy ananta said...

Terimakasih sudah share pengalamannya Mbak Dita ^^

aphrodita wibowo said...

sama-sama :)

sekar puti said...

Thanks bgt mba dita udah share pengalaman dan perspektifnya! Craft on!!
-puti (derau)

aphrodita wibowo said...

sama-sama ya Mbak Puti :) baru seiprit ini kok pengalamnnya :)