Monday, June 13, 2016

Tutorial: Celana Gombor...!!!

Seblomnya mau cerita dikit, udah sekitar 3 tahun lebih sepertinya, merasa sangat amat nyaman memakai celana gombor bikinan sendiri :) Setelah berhasil (baca: ngawur) menjahit satu outfit yang rumusnya: nggak ketat, besar melembung kayak rok, tapi kalau dipakai 'bya ya' an' nggak kemana-mana dan aman nggak kebuka, nah loooo panjaaaangnyaaa ;p Intinya pengen bikin celana yang kayak rok, atau rok yang kayak celana, gitu lah ;)


Karena saat itu agak syusyah nyari celana jeans yang muat 'pas' dijenis tubuh kayak aku ;) Begitu nemu kain batik yang adem jenis kainnya, dan adem juga corak dan warnanya, langsung deh eksekusi :) Karena saking nyamannya akhirnya malah keterusan ;p Beli beberapa kain (kebanyakan batik) dengan berbagai macam warna dan motif terus dibikiiiiin celana gombor semuaaaaaa ;p


Eh ternyata karena pakainya celana itu terus, banyak temen-temen yang suka dan nanyain, apa mau dijualkah? bolehlah berbagi tutorialnya? Dan sudah sangat berniat ngeshare tutorialnya, cuman agak PR ya nge fotonya kalo ukuran celanya human size. Tapi akhirnya kepikiran, tuto nya nanti pakai size Cutie the Plushie aja, ahaaa! :)

Dan perlu diketahui, kalo aku blom bisa bikin pola dan menjahit pakaian orang, dengan segala teknik dan aturan bakunya. Jadi yang aku share bisa lah dibilang: How to Sew Clothes for Dumbs ;p Jadi pola dan caranya sesimplenya seaku bisanya, mohon dimaklumi ya teman :)


Langsung aja ya, ini dia Alat dan Bahannya:

1. Kain (aku pribadi lebih seneng kain katun yang bahannya lembut, jadi bisa jatuh dipakainya)
2. Benang Jahit.
3. Jarum Jahit.
4. Jarum Pentul.
5. Meteran.
6. Gunting.
7. Pensil (keliatan kan itu putih kecil banget ;p)
8. Tali Karet.


1. Potong Kain !


Aku kebanyakan pakai kain Batik yang sudah potongan, ukurannya: 2,25 m x 1,05 m. Buat ukuran panjang kain aku nggak kurangin, tapi ukuran tingginya aku sesuaikan setinggi perut sampai tumit.

Sebenarnya ukuran panjang dan tingginya kain ini bebas, intinya buat ukuran panjang: 2,25 m itu sudah membentuk kerutan gombor yang cukup, kalau mau nggak begitu besar/banyak kerutan kegomborannya monggo dikurangin aja :) Ukuran tingginya: ukuran tinggi dari perut sampai tumit kamu + 2 cm (buat tekukan karet atas) + 1 cm (buat tekukan jahitan bawah) :) 


2. Tekuk & Jahit !


Tekuk bagian panjang kain, kain bagian bagus (depan) bertemu dengan kain bagian bagus. Lalu jahit lurus pinggirnya, sisain +- 1 cm an kain diluar jahitan. Kalau nggak bisa jahit pakai mesin, jahit pakai tangan aja pakai tusuk tikam jejak. Kain luar jahitan kalau mau monggo di obras. Hasil kainnya akan menjadi seperti sarung :)


3. Bikin Lubang Tali Karet !


Tekuk bagian atas kain yang sudah dijahit, tekuk 0,5 cm dulu, setelah itu tekuk lagi sekitar 1 cm an, sampai membentuk lubang kain memanjang buat memasukkan tali karet.


4. Jahit Lubang Tali Karet !


Setelah ditekuk, jahit kain bagian bawah tekukan lubang memutar. Tapi sisakan sekitar 2 cm yang tidak dijahit, buat memasukkan tali karetnya.


5. Ukur dan Gambar Bagian Bawah Kain !


Kain yang sudah berbentuk sarung, diposisikan bagian jahitannya ada ditengah (seperti gambar). 

Untuk ukuran lubang kaki: Ukur lingkar kaki kalian, dibagi 2 ukurannya + 3-6 cm, supaya nggak kesulitan saat memasukkan kaki kelubangnya nanti. Seumpama ukurannya: 24 cm, berarti 12 cm + 3 cm = 15 cm.

Untuk menentukan titik tinggi bagian tengah, buat membuat gambar lengkung, sebenarnya terserah pilihan kalian. Rumusannya, semakin tinggi titik nya, semakin bentuknya menjadi seperti celana, semakin rendah titiknya, semakin bentuknya seperti rok. Kelemahannya kalau titiknya semakin rendah adalah agak kesusahan kalau kalian bonceng naik motor :)

Aku pribadi pakai beberapa titik, kebanyakan pakai setengah dari tingginya, dan 1/4 dari tingginya, biar enak kalo diboncengin Pak Cemprut naik si Uduk :) akan lebih baik kalau kalian mencobanya dari titik paling rendah, kalau dirasa kurang pas, masih bisa kalian potong lagi ditinggiin :) 


6. Jahit Garis Lengkung !




7. Potong Kain Lengkung Bawah ! 


Potong 1 cm diluar jahitan yang melengkung. Sisa kain jahitan bisa diobras biar rapi :)


8. Tekuk dan Jahit Bagian Lubang Kaki !


Jahit pakai tusuk tikam jejak boleh, pakai jelujur juga boleh :) 


9. Ukur Lingkar Pinggang !


Setelah diukur lingkar pinggang mu, potong tali karet seukuran lingkar pinggang ditambah 2 cm.


10. Masukkan Tali Karet ke Lubang !


Pakai bantuan peniti buat memasukkan tali. Jangan lupa pegang atau sematkan bagian ujung belakang tali biar nggak ikut masuk kedalam :)


11. Tumpuk Tali dan Jahit !


Tumpuk sekitar 1 cm dari 2 tali yang saling bertemu disatu lubang, jahit kuta-kuat supaya nggak lepas tali karetnya nanti, bahaya kalo kedodoran melorot ntar ;p


12. Voila !!!



Dan beginilah penampakan Celana Gombor kalau direntangkan, dan kalau diingkupkan (halaaaah) atau pas dipakai bentuknya seperti poto satunya :)

Yeesssss, pasti kalian bingung, pasti itu, haha, begitulah adanya aku, terus terang selama bikin bolak-balik Celana Gombor ini aku nggak pernah ngukur, jadi langsung diitung-itung pakai jengkalan tangan dan kira-kira saja ;p Dan belajar dari pengalaman bikin sebelumnya, kalo yang sebelumnya kurang kecil ininya ya dikecilin, kalo kurang gede ya digedein, haha, maaf ya temaaaaan :')

Mohon dicoba semampu kalian ya teman, haha ;p Mayan lah ya nanti Lebaran punya Celana Gombor baruuuu :) Selamat mencoba (dan kebingungan) temaaaaan :)



Craft On...!!!

Dita

6 comments:

tsabita boneka said...

Lucu tutorial dan celananya...terimakasih sudah berbagi ilmu 😊

nana-isyana said...

Hahahahhha.. lucu skali tutorialnya eh clananya hihi.. makasih y sudah membuat sdikit bingung.. thanks sudah berbagi ilmunya :)

ruli purwanti said...

Harus dicoba ini hehehehe....makasih ilmunya, dita....

desni utami said...

ini jadi kayak hareem pants yang booming tahun 2010 dulu ya mba.. lucu deh

Aphrodita Wibowo said...

Terima kasih kembali teman-teman :) Semoga bermanfaat :)

Dian Ravi said...

Asikkk mau coba ah. Selama ini sering banget mupengin celama Gombor ini. Tapi karena ga pernah nemu tutorialnya (plus males nyoba-nyoba sendiri) akhirnya cuma bisa bikin celana kulot ngikutin yang ada di yutup. Saatnya punya kostum jalan-jalan baru :D makasih tutorialnya